Xiaomi Segera Masuk Pasar India

Xiaomi – Setelah sukses pada pasar Singapura, kini Xiaomi tersebut mempunyai rencana untuk hadir pada pasar India yang mana bahwa ini merupakan pasar smartphone terbesar setelah China. Xiomi tersebut memang dijuluki sebagai “Apple China” yang saat ini terus melebarkan sayapnya agar menjadi produsen terbesar dipasar global dan mempunyai jangakauan yang luas.

Jika berita tersebut memang benar adanya, perusahaan asaln China tersebut harus melawan dua kompetitor besar yang berada di India yaitu Samsung dan Micromax. Di pasar India sendiri Samsung tersebut sudah menjadi pemimpin pasar dengan janagkauan 32% dan kemudian disusul oleh Micromax 21% pasar.

Xiaomi

Namun banyak seumber yang memberitakan bahwa pangsa pasar Samsung di India kini mulai menurun karena mendapat ancaman dari Micromax yang mempunyai Notebene mereka lokal negara tersebut. Di India Micromax tersebut mempunyai spesifikasi yang hampir sama dengan Samsung namun, smartphone milik Micromax tesrebut dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari Samsung.

Kemudian Xiomi tersebut akan meluncur ke Pasar India dengan mengusung srtategi yang sama yaitu menghadirkan smartphone dengan kelas premium, desain elegan dan mempunyai spesifikasi tinggi dan dijual dengan harga yang ramah dikantong. Kenapa Xiaomi akan membawa strategi tersebut? Karena Xiomi sendiri sudah sukses menggebrakan strategi tersebut dipasar China dan Singapura. Ini juga akan mengganggu laju perjalanan Micromax di pasar India dengan hadirnya Xiaomi.

Selain itu, Xiaomi tersebut juga akan menawarkan balutan antarmuka yang cantik yang disebut dengan MIUI yang akan diandalkan untuk mejadi daya saingnya. Lantas bagaimana strategi Xiaomi untuk memasarkan produknya di pasar India? Ada kemungkinan besar bahwa di India nanti Xiaomi tidak akan menerapkan strategi yang sama seperti yang dilakukan di pasar Singapura dan China.

Namun Xiaomi tersebut harus bisa belajar dari Motorola yang menjual produknya melalui  toko online Flipkart, kemudian hasilnya? produk Motorola tersebut bisa ludes terjual sebesar 20.000 unit lebih hanya dengan waktu 15 menit. Sedangkan Xiaomi  sendiri hanya mengandalkan Toko Online buatanya untuk menjual smartphonenya.

Kemudian agar Xiaomi lancar masuk pasar India, Hugo Barra beserta timnya harus menyiapkan strategi yang matang, Kemudian kapan Xiaomi ini akan masuk pasar Tanah Air? Hingga sejauh ini masih belum ada berita selanjutnya mengenai kehadiranya di Indonesia.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *