Ponsel Murah yang Cocok Menjadi Saingan Xiaomi Redmi Note

Ketika Redmi Note pertama kali keluar, banyak orang yang mencari-cari ponsel lain yang bisa dijadikan saingan Xiaomi Redmi Note untuk menguji kehandalan ponsel ini. Setelah dilakukan beberapa pencarian yang cukup panjang, ternyata ditemukan bahwa bukan hanya Xiaomi Redmi yang memiliki spesifikasi ponsel high-end tapi memiliki harga yang amat murah. Berikut adalah hasil pertempuran antara Redmi Note dan beberapa ponsel sekelasnya.

Beberapa Ponsel yang Cocok Menjadi Saingan Xiaomi Redmi Note

Evercross Elevate Y Power

Elevate Y Power, ponsel pesaing xiaomi

Pertempuran pertama adalah antara Xiaomi Redmi Note vs Elevate Y Power dari Evercross. Dari segi layar, Elevate Y memiliki layar 5 inci, lebih kecil ½ inci dibandingkan Redmi Note, tapi ia berhasil menyamai Redmi di sisi resolusinya yang HD720p, yaitu 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 pada tiap incinya. Yang membuat ponsel ini kalah jauh dibandingkan Redmi Note adalah  kemampuan prosesor utama yang menggunakan Cortex-A7 dengan 4 inti yang berkecepatan 1,3 GHz.

Dari segi multimedia, RAM dari ponsel ini mampu menyamai Redmi Note dengan kapasitas 1 GB, dan begitu juga dari segi penyimpanan internal yang sebesar 8 GB. Untuk kamera sendiri, Elevate Y Power dengan harganya yang ada di angka 1,5 jutaan, berhasil menyamai Redmi Note dengan ketajama 13 megapiksel untuk kamera utama dan 5 megapiksel untuk kamera sekunder. Redmi Note bisa dianggap sebagai saingan Xiaomi Redmi Note yang seimbang.

Himax Polymer X

Himax Polymer X, ponsel 64 bit saingan xiaomi redmi

Saingan lain untuk Xiaomi Redmi Note datang dari Himax dengan produk terbarunya, Polymer X. Ukuran layar 5,5 inci yang dimiliki ponsel baru dari Himax ini sudah sekelas dengan Redmi Note, begitu juga resolusi yang dimilikinya yaitu 1280 x 720 piksel, yang berarti kerapatan pikselnya tiap inci adalah sekitar 267. Untuk CPU, yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 615 MSMS 89e9 tipe Cortex-A53 ARM yang merupakan prosesor octacore yang sudah mensupport 64bit.

Persaingan antara Xiaomi Redmi Note vs Polymer X kembali berlanjut di bidang RAM yang kali ini berhasil dimenangkan oleh Polymer X karena kapasitasnya 2 kali lipat Redmi Note, yaitu 2 GB dan ia juga memiliki kapasitas penyimpanan internal 2 kali lipat yaitu 16 GB. Kamera dari kedua ponsel memiliki tingkat ketajaman yang sama baik kamera primer maupun sekunder, tapi Polymer X melengkapi kamera utamanya dengan sensor CMOS milik Sony dan kamera depannya memiliki sensor Omnivision OV5648. Sayangnya, kapasitas baterai Polymer X hanyalah 2500 mAh sehingga mungkin orang harus selalu sedia sumber tenaga cadangan.

Secara umum, persaingan sengit ini dimenangkan oleh Polymer X, tapi perlu diingat juga bahwa Polymer X belum dirilis saat ini, sementara Redmi Note sudah dirilis tengah tahun 2014.

Advan Signature S5X+

Advan Signature S5X+, hp lokal pesaing xiaomi

Pertempuran terakhir adalah antara Xiaomi Redmi Note melawan Signature S5X+ milik Advan, salah satu produsen lokal lainnya. Dari segi layar, keduanya dinilai seimbang baik ukuran, kerapatan piksel, hingga resolusi yang bisa ditampilkan. Kekalahan telak dialami oleh Signature S5X+ di bidang prosesor yang menggunakan prosesor 4 inti dengan kecepatan 1,3 GHz. Sementara dari sisi RAM dan penyimpanan internal, kedua ponsel memiliki kemampuan yang sama. Kekalahan lainnya muncul dari segi baterai dimana Signature S5X+ hanya berkapasitas 2000 mAh, dan satu lagi dari sisi kamera depan yang hanya memiliki ketajaman 3 megapiksel.

Kesimpulan

Melihat 3 ponsel yang menjadi pembanding, nampaknya Xiaomi harus mengambil langkah baru jika ingin ponselnya menang di pasaran Indonesia karena ternyata banyak ponsel murah yang bisa menjadi saingan Xiaomi Redmi Note.