Pilih mana, iPhone 6 atau iPhone 6 Plus?

Pecinta Apple khususnya iPhone di seluruh dunia boleh jadi bernapas lega setelah Apple secara resmi meluncurkan iPhone seri terbaru pada Selasa 10/9/2014 waktu setempat di California, AS. Meskipun sebelumnya Apple pernah merilis kabar bahwa iPhone seri terbaru akan meluncur pertengahan tahun ini namun hal ini tidak mengurangi antusias para penggemar yang sudah memadati lokasi peluncuran perdana iPhone terbaru kemarin. Tak tanggung-tanggung, kali ini Apple merilis 2 seri terbaru iPhone sekaligus, iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Keduanya lahir dengan fitur yang lebih kaya dibanding seri iPhone 5/5S dan juga hadir dengan layar yang lebih besar. Nah apa saja keunggulan kedua seri iPhone 6 dan iPhone 6 plus ini kali ini tim dutahp akan sedikit mengulasnya untuk Anda.

Lebar dan resolusi layar

iPhone 6 dan iPhone 6 plus memiliki spesifikasi layar yang jauh lebih lebar dari seri iPhone terdahulu. Jika dilihat sebenarnya desain iPhone ini mirip dengan iPad Air/iPad mini dimana selain memiliki pinggiran yang lebih membulat dibagian body, juga berukuran yang jauh lebih tipis.

Pilih mana iPhone 6 atau iPhone 6 Plus

Untuk ukuran layar iPhone 6 plus memiliki ukuran dan resolusi layar yang lebih lebar yaitu 5,5 inci sedangkan iPhone 6 memilikilebarlayar4,7 inci.

Untuk resolusi baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sama-sama telah mengadopsi teknologi Retina HD. Sama halnya dengan ukuran layar, resolusi dan kepadatan pixel pada iPhone 6 plus lebih tinggi yakni 1920×1080 piksel (full-HD) dan kepadatan pixel 401 ppi. Sedangkan iPhone 6 sedikit lebih rendah yakni 1334×750 piksel dan kepadatan pixel 326 ppi.

Fitur kamera dan video

Kedua model baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki spesifikasi kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2,1 MP. Perbedaannya hanya terletak pada fitur optical image stabilization yang dimiliki iPhone 6 Plus. Fitur ini memungkinkan lensa akan menyesuaikan posisi dengan otomatis apabila saat memotret terdapat guncangan yang timbul dan juga akan sangat berguna untuk memotret dalam kondisi cahaya rendah.

Khusus bagi penggemar selfie, kedua seri iPhone terbaru ini memiliki fitur auto detection dan mode burst untuk mengambil beberapa gambar sekaligus dalam satu jepretan saja, menyenangkan bukan ?

Untuk fitur video, para pengguna baik iPhone 6 dan iPhone 6 plus dapat mengambil video slow motion dengan framerate 240fps. Seri ini juga dibekali dengan kemampuan pengambilan video 1080p berkecepatan 30 fps dan 60fps.

Daya tahan baterai

Apple memastikan adanya peningkatan daya tahan baterai pada dua perangkat iPhone terbarunya ini. Namun dari uji coba iPhone 6 Plus lebih memiliki daya tahan baterai yang lebih dibanding iPhone 6. Informasi Apple mengatakan seri Plus dapat bertahan 16 hari (mode standby), 14 jam saat memutar video tanpa henti, 80 jam saat memutar musik terus menerus dan 12 jam dengan koneksi internet.iPhone 6 mereka klaim dapat tahan sampai 10 hari (mode standby), 50 jam memainkan musik terus menerus, 11 jam video, dan 10 saat dipakai dalam koneksi internet. Namun sekali lagi ini akan sangat bergantung pada kondisi jaringan yang Anda miliki.

Prosessor lebih kencang

Kelebihan iphone 6 dan iphone 6 plus

Untuk kekuatan, iPhone seri terbaru ini menggunakan prosesor A8 yang merupakan prosesor 64-bit terbaru, dimana akan menghasilkan kecepatan 25 persen lebih kencang disamping segi ukuran lebih kecil 13 persen dibanding prosesor A7 miliki seri sebelumnya.

Kelebihan lainnya adalah iPhone 6 plus hadir dengan inovasi terbaru dari Apple dimana tampilan home dapat berubah menjadi moda landscape yang belum ditemukan diseri iPhone lainnya.

Jika Anda adalah penggemar ponsel “phablet” maka iPhone 6 Plus dapat menjadi pilihan, yang memiliki ukuran lebih besar hampir setara LG G 3 (5.5 inci) dan Samsung Galaxy Note 4 (5.7 inci), namun jika Anda memilih ukuran lebih kecil dan simple maka iPhone 6 bisa jadi cocok untuk Anda. Bagipecinta iPhone di Indonesia pun tampaknya tidak akan lama lagi dapatmenjajal kemampuan iPhone terbaru ini. Dari informasi yang kami dapatkan, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sedang dalam proses sertifikasi di balai uji perangkat Postel Kominfo. Semoga saja cepat dirilis di Indonesia, paling cepat bulan depan. (/abd)