Perbandingan Utama untuk Teknologi Layar Amoled vs IPS Display

Dalam membeli ponsel pintar atau smartphone, biasanya orang-orang juga akan memperhatikan kualitas layar sentuh yang dimiliki oleh berbagai merek ponsel. Ada 2 teknologi layar populer yang sering digunakan oleh hampir semua merek smartphone Android yaitu Amoled dan IPS Display. Kedua teknologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa ditandingkan. Bagaimana kerja Amoled vs IPS Display di mata para pengguna ponsel pintar.

Amoled dan IPS Display untuk Ponsel Anda

Teknologi Layar Amoled vs IPS Display

Active Matrix Organic Light Emitting Diode atau disingkat menjadi Amoled merupakan teknologi layar produksi Perusahaan Samsung. Merek-merek yang menggunakan teknologi layar ini selain Samsung tentunya adalah Blackberry dan Nokia. Layar ini menggunakan perpaduan teknologi LCD konvensional dengan OLED. Layar sentuhnya memiliki gambar dengan ketajaman dan pencahayaan yang sangat baik.

IPS Display merupakan teknologi layar selain Omeled. IPS kepanjangan dari In-plane Switching dan merupakan teknologi yang Anda bisa temukan di LCD. Teknologi ini tidak hanya digunakan pada ponsel pintar namun juga perangkat gadget lain seperti layar televisi serta komputer tablet. Sebetulnya IPS Display sudah lama dikembangkan dan yang terakhir digunakan oleh produk-produk dari Jepang, Taiwan, dan juga Korea. Untuk ponsel pintar iPhone dan HTC juga menggunakan teknologi layar ini.

Mana yang Lebih Baik? Amoled vs IPS Display

Jika Anda pengguna ponsel pintar ataupun ingin membeli produk-produk gadget dengan teknologi Amoled dan IPS Display, maka mana yang sebaiknya dipilih? Mari kita bandingkan keduanya:

  1. Amoled tidak memerlukan backlight alias lampu penerang tambahan, berbeda dengan IPS Display yang wajib diberi backlight karena teknologi layar tersebut tidak mampu untuk menghasilkan cahaya sendiri.
  2. Baterai ponsel yang memakai Amoled bisa dibilang lebih irit apabila dibandingkan dengan ponsel IPS Display.
  3. IPS Display memiliki layar dengan ketajaman yang lebih baik dibandingkan dengan ponsel pintar yang menggunakan layar Amoled.
  4. Karena ponsel pintar IPS Display memerlukan backlight maka biasanya layar lebih tebal dibandingkan dengan Amoled yang ramping dan tipis.
  5. Meskipun teknologi Amoled tidak memerlukan lampu penerang tambahan, namun hal ini menyebabkan layar sentuh pada ponsel menjadi kurang penerangan. Untuk IPS Display justru bisa lebih terang sebab mendapatkan bantuan cahaya dari backlight.
  6. IPS Display memiliki warna yang lebih baik dibandingkan dengan Amoled yang warnanya makin lama makin menurun kualitasnya. Di siang hari pun layar IPS masih tetap dapat terlihat jelas dibandingkan pesaingnya ini.

Yang terakhir dari segi produksi, layar IPS Display lebih murah dari pembuatan Amoled dan mungkin hal ini bisa mempengaruhi harga produknya. Itulah beberapa perbandingan Amoled vs IPS Display yang cukup menarik untuk diperhatikan sebagai tambahan referensi bagi Anda yang ingin membeli ponsel pintar.