Menelaah Perbandingan Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859 dari Berbagai Sisi

Ditengah ramainya perang antara raksasa-raksasa besar ponsel pintar, muncul sebuah pertempuran yang juga tidak luput dari pandangan khalayak ramai yaitu Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859. Pertarungan antara dua pendatang baru di dunia ponsel pintar yang sedang panas disebabkan karena kesamaan mereka, yaitu sebuah ponsel berharga rendah dengan spesifikasi yang lumayan bagus, sebuah ponsel pintar yang tepat bagi mereka yang merupakan anggota masyarakat dengan kelompok keuangan kelas menengah.

Perang Bintang Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859

Mengingat keduanya sama-sama merupakan pendatang baru dalam perang yang ponsel pintar yang telah terjadi selama beberapa tahun, akan adil rasanya jika kita memulai semuanya tanpa prasangka mana yang lebih hebat. Sebelum berperang di medan ini, sebenarnya kedua perusahaan ini pernah berperang di medan yang lebih dahsyat, yaitu komputer dan laptop. Pada masa itu juga banyak yang membandingkan keduanya karena range harga mereka juga sama. Kali ini mereka bertemu di perang yang menggunakan senjata lebih kecil, tapi skalanya jauh lebih besar.

Perbandingan Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859

Berbicara tentang besar, akan lebih baik jika kita mulai perbandingan antara Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859 ini dari besarnya kecepatan yang bisa dihasilkan oleh unit pemrosesan utama mereka. Dari pihak Asus, mereka menyerahkan masalah prosesor utama kepada Intel Atom Z2580 yang merupakan prosesor berinti 2 dengan kecepatan maksimum 2 GHz. Kemampuan dari prosesor tadi menjadi sangat terbantu ketika Asus memutuskan untuk menyandingkan RAM berukuran 2 GB pada ponselnya. Ketika pihak Asus fokus pada kecepatan prosesor, Lenovo mengambil pendekatan yang berbeda karena mereka menggunakan Mediatek MT6582, sebuah unit prosesor yang memiliki 4 core dengan masing-masing berkecepatan 1.3 GHz. Perbedaan prosesor ini disebabkan karena Lenovo lebih memilih untuk memberikan kenyamanan saat pengguna melakukan multi-tasking. Sayangnya dari segi RAM, Lenovo mengalami kekalahan karena mereka hanya memasangkan RAM dengan kapasitas 1 GB.

Dari sisi display, baik Asus maupun Lenovo memilih untuk menggunakan layar berukuran 5 inci dan resolusi sebesar 720 x 1280 piksel, dimana layar tersebut memiliki kedalaman piksel sebesar 294 ppi. Tipe layar sentuh yang digunakan oleh Asus adalah IPS capacitive sementara Lenovo memilih untuk menggunakan IPS LCD capacitive. Ketika perbandingan Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859 di sisi ukuran display berakhir seri, berat ponsel dimenangkan oleh Asus yang hanya berbobot 145 gram, lebih ringan 18, 3 gram dibandingkan Lenovo yang berbobot 163,3 gram.

Pertarungan sengit ini berlanjut hingga mulai masuk ke sisi kapabilitas penggunaan sistem optik pada ponsel, yaitu kamera. Dimulai dengan ponsel milik Lenovo, ia memiliki kamera utama dengan ketajaman 8 megapiksel dan dilengkapi oleh kilat LED serta fokus auto untuk menangkap gambar berukuran 3264 x 2488 piksel. Kamera sekunder yang dimiliki oleh ponsel ini juga lumayan bagus dengan resolusi 1,6 megapiksel. Hasil tangkapan kamera tadi bisa disimpan di memori internal yang memiliki ukuran 8 GB atau dipindahkan pada microSD yang bisa berukuran hingga 32 GB. Zenfone memiliki kemampuan kamera utama yang sama, tapi kemampuan sekundernya lebih hebat yaitu 2 megapiksel. Penyimpanan internalnya juga bisa mencapai 16 GB dan ia bisa menggunakan memori tambahan dengan ukuran maksimum 64 GB.

Setelah melalui beberapa perbandingan, kelihatannya Zenfone 5 menang telak di beberapa bidang, tapi sisanya terlihat mereka sangat berimbang. Dengan hasil yang dikeluarkan dari perang Asus Zenfone 5 vs Lenovo A859 ini kita bisa melihat bahwa Asus memang lebih unggul secara umum, tapi untuk masalah kecepatan multi-tasking Lenovo pemenangnya.