Melihat Berbagai Keunggulan Kamera Samsung NX Mini yang Fantastis

Beberapa saat yang lalu Samsung sempat merilis kamera baru mereka yang bernama NX Mini, dan kini kita akan membahas tentang keunggulan kamera Samsung NX Mini ini. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebelum memulai dominasinya di pasar ponsel pintar, Samsung sudah terlebih dahulu menyelami dunia barang-barang elektronik, dan ini juga bukan pertama kalinya mereka merilis sebuah kamera saku.

Spesifikasi dan Keunggulan Kamera Samsung NX Mini

keunggulan Kamera Samsung NX Mini

Ketika pertama kali diumumkan, banyak orang yang skeptis pada produk terbaru Samsung yang keluar dari pasar ponsel pintar ini. Pasalnya, ini bukan pertama kali ada yang berusaha membuat kamera saku dengan ukuran kecil dan memiliki spesifikasi yang lumayan wah, dan dari banyaknya perusahaan yang mencoba hal tersebut hampir semuanya malah gagal di eksekusi akhirnya meskipun memiliki konsep yang amat bagus. Sayangnya Samsung meruntuhkan seluruh pikiran negatif milik banyak orang tersebut dengan menunjukkan taringnya lagi, merealisasikan keunggulan kamera Samsung NX Mini yang sempat diragukan oleh banyak orang.

Kamera saku ini pertama dirilis di seluruh dunia pada bulan April 2014, dan dirilis di Indonesia dengan harga hampir 5 jutaan untuk kamera dengan lensa 9 mm. Spesifikasi kamera yang memiliki lensa 9 mm ini bisa dibilang cukup menawan. Dimulai dengan beratnya yang hanya mencapai angka 200 gram bahkan ketika baterainya dipasang, kamera ini jauh dari kata-kata berat. Ketika kita berbicara tentang keunggulan kamera Samsung NX Mini, kita tidak bisa lepas dari resolusi yang dimiliki oleh kamera ini, yaitu 20,5 megapiksel, angka yang lumayan fantastis untuk sebuah kamera saku yang ukurannya kecil. Sensor yang digunakan oleh kameranya adalah CMOS dengan ukuran 0,52 x 0,35 inci. Mode ISO yang digunakan oleh sensornya sendiri dimulai dari 100 hingga 25600.

Sistem format gambar yang dimiliki oleh kamera ini bisa antara JPEG maupun RAW dengan 3 pilihan kualitas dimulai dari kualitas super-fine hingga kualitas normal. Seluruh gambar tadi memiliki rasio 3:2 dan 16:9. Bukan hanya untuk mengambil gambar, kamera ini juga jagonya dalam mengambil video. Dengan codec h.264 / AVC dan MPEG 4 miliknya, ia bisa mengambil video berukuran 1920 x 1080. Metode penyimpanan pada kamera ini benar-benar bergantung pada microSD yang bisa didapatkan di toko-toko elektronik manapun dewasa ini.

Dalam segi pengambilan gambar, kamera ini mampu melakukan autofokus hingga 21 poin menggunakan lensa 9 mm-nya, atau kita bisa melakukan settingan fokus manual. Kecepatan mengambil gambar dari kamera ini adalah 6 frame per detiknya, sementara kecepatan shutternya adalah 1/30 – 16000 detik. Kamera ini juga memberikan beberapa opsi pencitraan seperti kemampuan untuk melakukan scene selection seperti potrait, lanskap, sports, dan otomatis. Hal ini semakin diperindah dengan tambahan layar LCD 3 inci yang bisa diputar, sehingga kadang membuat kamera ini disebut sebagai kamera selfie.

Mengingat kamera ini merupakan kamera saku, berarti harusnya kamera ini memiliki baterai yang cukup tangguh, dan memang itu yang disiapkan oleh Samsung. Untuk kamera yang memiliki lensa 9 mm, baterai Li-Ion yang terpasang mampu membuat kameranya mengambil 650 gambar setiap kalinya, sementara untuk yang menggunakan lensa 9-27 mm hanya sekitar 530 gambar.

Dengan harga yang lumayan rendah, kamera ini sering menjadi incaran banyak orang yang suka bepergian karena kapasitas baterainya dan tajamnya resolusi yang dimiliki. Jika ada yang lebih menyukai kamera dengan lensa 9-27 mm, Samsung juga menyediakannya dengan tetap menjaga keunggulan kamera Samsung NX Mini-nya dan harga yang sedikit di atasnya, yaitu 6 jutaan rupiah.