Kualitas Sony Vs Oppo: Xperia Z dan Find 5 Mana yang Lebih Baik?

Meski berasal dari negeri berbeda, kualitas Sony vs. Oppo seringkali dibanding-bandingkan; kali ini pun yang akan dibahas adalah salah satu produk dari Sony dan Oppo yang jelas paling diminati. Sony yang berasal dari Jepang dan Oppo yang merupakan vendor asal Cina bersaing ketat menawarkan produk-produk terbaiknya di pasaran. Mari kita kenal lebih dalam tentang Sony Xperia Z vs. Oppo Find 5, smartphone yang sedang banyak diincar.

Kualitas Sony Vs Oppo dilihat dari sisi spesifikasi

Kualitas Sony Vs Oppo, Xperia Z dan Find 5

Segi Desain dan Layar

Sony Xperia Z datang dengan bentuk yang ramping sehingga ponsel dengan tebal 7,9 mm ini membuat penggunanya merasa nyaman ketika menggenggam. Tampilan dibuat elegan dan mewah dengan adanya material kaca yang melapisi di bagian belakang dan merupakan anti air dan debu. Layarnya didesain dengan ukuran 5 inci dan beresolusi 1080×1920 piksel mengadirkan 16 juta warna. Kerapatan dan ketajaman layar benar-benar oke didukung oleh densitas 441 ppi.

Oppo Find 5 memiliki ukuran layar yang sama, 5 inci dan resolusi 1080×1920 piksel juga ditawarkan sehingga full HD. Kerapatan piksel juga sama dengan Experia Z. Soal desain luar, bentuknya didesain tidak terlalu besar, tidak kaku dan minimalis sehingga tetap nyaman dibawa ke manapun. Untuk hiburan maupun pekerjaan, kedua ponsel ini mendukung multitasking secara maksimal.

Segi Hardware

Sony Xperia Z berperforma baik karena didukung oleh prosesor Quad Core yang menawarkan kecepatan 1,5 GHz dengan chipset Snapdragon S4 Pro dari Qualcomm serta grafis Adreno 320. Kapasitas RAM yang tersedia sebesar 2 GB dan operasi sistem yang digunakan adalah Android Jelly Bean v4.1.2 menjadikan kegiatan multitasking tidak pakai lag. Smartphone ini juga memiliki kapasitas memori internal sebesar 16 GB yang bisa diekspan hingga 64 GB. Baterainya berkapasitas 2330 mAh, lebih kecil dari Oppo.

Melihat kualitas Sony vs. Oppo hardware, Oppo Find 5 juga menggunakan operasi sistem yang sama yaitu Jelly Bean, namun dengan versi yang beda, v4.2. Performa juga didukung oleh prosesor Quad Core yang memiliki kecepatan 1,5 GHz serta Snapdragon APQ8064 Qualcomm. Kinerja makin optimal dengan adanya 2 GB sebagai kapasitas RAM. Memori internal yang tersedia adalah sebesar 16/32 GB, namun sayang tidak terdapat slot memori eksternal dengan baterai sebesar 2500 mAh turut mengoptimalkan performanya.

Segi Kamera

Sony Xperia Z menawarkan dual kamera dengan kemampuan 2,2 MP untuk kamera depan yang bisa digunakan untuk selfie dan video call, dan kemampuan 13,1 MP untuk kamera utamanya. Video diberi mutu 1080p berikut juga fitur-fitur menarik memaksimalkan penggunakan kamera untuk hasil jepretan sempurna.

Soal kualitas Sony vs. Oppo kamera, Oppo Find 5 tidak kalah saing karena menghadirkan dual kamera yang hampir berkemampuan sama 1,9 MP untuk kamera depan, dan 13 MP untuk kamera utamanya. Video pun sudah HD 1080p dan bisa digunakan baik untuk video call dan selfie sesuka hati. LED flash dan autofocus mendukung kinerja kamera kedua ponsel tersebut.

Segi Konektivitas

Sony Xperia Z datang dengan teknologi 4G atau LTE, tapi bila belum menemukan jaringan tersebut di Indonesia, jaringan HSDPA pun oke ketika ingin menggunakannya untuk browsing internet. Ada juga teknologi SmartTags yang dipadukan dengan NFC di mana fungsi bisa diaktifkan hanya dengan mendekatkan ke smart tag. Xperia Z juga bisa dihubungkan ke TV menggunakan DLNA.

Oppo Find 5 juga datang dengan jaringan HSDPA sehingga pengguna bisa puas menggunakan internet, namun memang Oppo belum melengkapinya dengan teknologi 4G. Keduanya pun memiliki Bluetooth untuk memudahkan pengguna berbagi data ke keluarga dan teman. Jadi, setelah disimak dengan baik tentang kualitas Sony vs. Oppo, bisa disimpulkan bahwa Sony di sini mengungguli Oppo; tapi tergantung juga pada kebutuhan setiap orang.