Kini Tak Perlu Memiliki Akun Facebook Untuk Menggunakan Aplikasi Facebook Messenger

Aplikasi Facebook Messenger kembali mengalami perombakan untuk mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi pengirim pesan terbaik di pasaran.

Kini, untuk menggunakan dan mengakses aplikasi Facebook Messenger, Anda tidak lagi memerlukan akun Facebook. Update terbaru ini baru mulai diujicobakan di wilayah Kanada, Amerika Serikat serta Venezuela dan akan segera hadir untuk wilayah lain di dunia secepatnya. Nantinya, pengguna yang ingin mengakses aplikasi Facebook Messenger akan melihat opsi “Not on Facebook?” di layar login. Dengan memilih opsi ini, pengguna akan diminta untuk membuat akun dengan cukup memberikan nama serta nomor telepon mereka. Menariknya, fitur ini sangat mirip dengan aplikasi WhatsApp yang baru saja dibeli oleh Facebook pada bulan Februari yang lalu.

Kini Tak Perlu Memiliki Akun Facebook Untuk Menggunakan Aplikasi Facebook Messenger copy

Menariknya, semua fasilitas dari aplikasi Facebook Messenger tetap dapat diakses oleh mereka yang memilih opsi “Not on Facebook?”. Ini artinya, tanpa perlu memiliki akun Facebook pun para pengguna tetap dapat menggunakan fitur-fitur seperti sticker, voice call serta video call. Perbedaan utamanya hanya terletak pada daftar kontak yang bisa dipilih. Tentu saja, karena aplikasi Facebook Messengernya tidak terkoneksi dengan akun Facebook, maka Anda hanya dapat menghubungi orang-orang yang ada di daftar kontak telepon genggam Anda. Pengguna non-Facebook pun tidak akan bisa melihat pesan mereka melalui komputer karena untuk saat ini semuanya masih tersimpan di Facebook.com.

Langkah ini sepertinya sengaja dilakukan oleh Facebook mengingat betapa populernya aplikasi Facebook Messenger, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan India. Bahkan, belum lama ini aplikasi Facebook Messenger berhasil memecahkan rekor unduhan sebanyak 1 milyar unduhan untuk platform Android. Selain itu, Facebook Messenger pun dengan gencar merilis berbagai macam game agar orang tertarik untuk terus menggunakan aplikasi pengirim pesan ini. Update lainnya tentu saja kemampuan untuk mengirim lokasi melalui peta yang terintegrasi di dalam aplikasi Facebook Messenger itu sendiri.

Facebook pada awalnya mengalami hambatan yang cukup besar ketika memutuskan untuk memisah aplikasi Facebook Messenger dari aplikasi Facebook mobile. Namun dengan berbagai macam inovasi yang gencar dilakukan oleh Facebook, nampaknya para pengguna mulai menerima keberadaan aplikasi Facebook Messenger sebagai sebuah aplikasi yang berdiri sendiri.