Kelebihan dan Kekurangan Android Lollipop 5.0 sebagai OS Terbaru

Android Lollipop merupakan sistem operasi terbaru yang baru saja diluncurkan oleh Google. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Android Lollipop dibandingkan dengan tipe-tipe android versi sebelumnya. Berikut Kelebihan dan kekurangan Android Lollipop:

Kelebihan OS Android 5.0 Lollipop Terbaru

  1. Sistem keamanan yang lebih baik: Dikatakan bahwa sistem keamanan android versi sebelumnya sangat rentan, sehingga pada android lollipop sistem keamanan akan dibuat lebih baik khususnya dalam menghadapi peretasan. Selain itu, saat smartphone dicuri maka data dapat tetap diakses melalui perangkat. Google juga menambahkan sistem keamanan suara pada fitur Android.
  2. Notifikasi: Sistem notifikasi yang dapat diatur dengan mudah dan dapat tetap aktif meskipun ponsel dalam keadaan terkunci maupun saat digunakan untuk menonton video.
  3. Baterai yang lebih irit: OS versi sebelumnya terlalu berat bagi smartphone sehingga baterai cepat habis. Versi Android L kali ini lebih hemat baterai, bahkan juga akan memberikan notifikasi berapa lama baterai dapat mampu bertahan.
  4. Tampilan baru yang lebih segar: Lollipop akan memiliki desain baru yang lebih segar serta ada beberapa perubahan pada tampilannya. Walau baru, tapi pengguna akan cepat familiar dengan tampilan ini karena masih ada beberapa aspek lama yang tetap dipertahankan.
  5. Sistem integrasi: Android L memiliki sistem integrasi yang cocok dengan semua perangkat. Selain itu, device sharing juga dimungkinkan melalui sistem operasi terbaru ini dengan perangkat lain yang sama-sama berbasis android.

Kelebihan dan Kekurangan Android Lollipop 5.0 sebagai OS Terbaru

Kekurangan OS Android 5.0 Lollipop Terbaru

  1. Baru 2 gadget yang menggunakan Android L: Baru ada 2 ponsel pertama yang dirilis secara resmi yang bisa menggunakan OS ini yaitu Nexus dan Motorola. Selain kedua smartphone tersebut, pengguna ponsel pintar merek lain harus mau bersabar untuk bisa menggunakan Android L.
  2. Masalah Aplikasi: Untuk aplikasi yang menggunakan versi Android sebelumnya tidak akan menjadi masalah. Namun, akan ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa berjalan dengan baik alias kurang kompatibel dengan Android versi terbaru ini. Oleh karena itu, pengguna harus bersabar menunggu pengembang aplikasi memperbaharui produk mereka. Walau tentunya tidak semua pengembang mau meng-update aplikasi mereka agar menjadi kompatibel dengan Android ini.
  3. Tanggal rilis yang tidak pasti: Google tidak pernah memberikan tanggal pasti kapan Android Lollipop ini akan diluncurkan secara resmi untuk semua merek ponsel pintar setelah Nexus dan Motorola. Perkiraan rilis bisa saja pada akhir bulan Desember atau bahkan tahun depan.
  4. Susahnya memperbaharui OS Android: Untuk sistem operasi lain seperti iOS cara update-nya sangat mudah karena pengguna tinggal mengkoneksikan ponsel mereka ke internet dan menunggu sistem operasi diperbaharui sampai selesai. Untuk Android, ada beberapa merek smartphone yang harus terlebih dahulu mengikuti langkah-langkah yang cukup rumit hanya untuk update Android ini.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Android Lollipop untuk informasi tambahan bagi Anda para pengguna ponsel pintar.