Huawei Honor 4C, Satu Lagi Ponsel Dengan Prosessor Octa-Core Seharga 2 Juta Rupiah

Persaingan pasar smartphone Android di kelas menengah semakin memanas. Vendor asal Tiongkok, Huawei, mengumumkan bahwa mereka akan segera meluncurkan smartphone baru yang bertenaga serta memiliki performa yang tinggi. Smartphone yang dimaksud ternyata adalah varian berikutnya dari lini Honor, yaitu Huawei Honor 4C. Huawei Honor 4C dapat dibilang sebagai sebuah smartphone yang kaya akan fitur dan memiliki spesifikasi yang cukup menggiurkan, apalagi mengingat harganya yang dibanderol pada kisaran angka 2 juta Rupiah saja.

Fitur layar berkemampuan HD nampaknya sudah menjadi fitur standar yang diharapkan oleh konsumen, oleh karena itu, Huawei Honor 4C pun menyematkan layar sebesar 5 inci dan beresolusi sebesar 1280 x 720 piksel. Selain itu, dengan adanya panel IPS, layar akan terlihat jelas dari berbagai sisi. Sayangnya, smartphone ini belum menggunakan Gorilla Glass dari Corning sebagai proteksi tambahan agar tidak mudah tergores.

Huawei Honor 4C, Satu Lagi Ponsel Dengan Prosessor Octa-Core Seharga 2 Juta Rupiah

Untuk urusan pengolah grafis, Huawei Honor 4C menggunakan chipset buatan mereka sendiri yakni HiSilicon Kirin. Yang dipilih adalah Kirin 620 dengan prosessor Cortex A53 octa-core 64-bit yang memiliki kecepatan 1.2GHz plus sokongan dari GPU Mali T450. Yang sangat disayangkan adalah, walaupun chipset ini memiliki kemampuan 4G LTE, Huawei Honor 4C bukanlah smartphone 4G. Kabarnya, Kirin 620 adalah chipset yang sejajar dengan Snapdragon 410 SoC. Namun begitupun, Huawei Honor 4C sudah memiliki RAM sebesar 2GB, lebih dari cukup untuk memastikan bahwa smartphone ini dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar.

Huawei Honor 4C adalah smartphone yang memiliki kemampuan dual 3G SIM card. Namun, untuk memasukkan SIM card serta microSD, Anda harus melepas penutup belakang serta baterainya terlebih dahulu. Untuk kapasitas penyimpanan sendiri, Huawei Honor 4C memiliki ruang sebesar 8GB. Tentu saja, jika masih dirasa kurang, Anda tinggal menambahkan microSD saja. Untuk sistem operasi, smartphone ini masih mengadopsi Android KitKat 4.4.2 dengan UI Emotion 3.1. Kabarnya, Huawei Honor 4C akan mendapatkan update Android Lollipop pada bulan September mendatang.

Kamera yang disematkan pada Huawei Honor 4C cukup bertenaga dengan ketajaman hingga 13MP untuk kamera utama. Sementara itu, untuk bagian depan telah disisipkan kamera setajam 5MP. Baterai yang digunakan pada smartphone ini berkapasitas 2.550mAh.

Huawei Honor 4C akan mulai dipasarkan pada tanggal 4 Juli mendatang. Anda dapat mencarinya di berbagai toko retail langganan Anda. Dengan harga sebesar Rp. 2.299.000,-, sungguh sangat disayangkan smartphone ini belum memiliki kemampuan 4G LTE. Namun begitupun, dengan berbagai fitur yang ada, Huawei Honor 4C masih dapat menjadi pilihan yang menarik.