Harga dan Spesifikasi Microsoft Lumia 535, Smartphone Murah Dual SIM

Bagi mereka penggemar ponsel pintar yang menjadi hasil perkawinan dari Microsoft dan Nokia, harga dan spesifikasi Lumia 535 tentu sudah menjadi hal yang akan terus menerus mereka kejar informasi terbarunya, baik itu turun atau naiknya harga jual di pasaran. Lumia 535 sendiri datang dengan dua versi, yaitu versi biasa dan versi yang menggunakan 2 SIM. Keduanya dirilis pada saat yang bersamaan, yaitu di akhir 2014.

Melihat Harga dan Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dengan Lebih Dekat

Harga dan Spesifikasi Microsoft Lumia 535

Mengukur Ukuran Layar dan Bodi dari Lumia 535

Jika dibandingkan dengan ukuran ponsel pintar yang muncul belakangan ini, bisa dibilang bahwa Lumia 535 dari Microsoft ini tidak memiliki masalah karena ukurannya bisa dibilang sama. Panjang dari ponsel ini adalah 5,52 inci dengan lebar sebesar 2,85 inci dan ketebalan yang amat tipis, di angka 0,35 inci. Ukuran ini membuat mereka memiliki berat yang ada di bawah 150 gram, tepatnya di angka 146 gram. Karena kecilnya ukuran, mereka kemudian harus menggunakan Micro-SIM agar bisa mengakses fitur-fitur GSM.

Dari segi layar, Lumia 535 memiliki layar yang terbuat dari layar sentuh kapasitif IPS yang menggunakan LCD dan mampu mengeluarkan hingga 16 juta warna. Ukuran layarnya sendiri adalah 5,0 inci dengan resolusi maksimum sebesar 540 x 960 piksel, yang berarti ia memiliki 220 piksel pada setiap incinya. Hal ini menuai pujian pada beberapa review Lumia 535 mengingat harganya yang cukup murah. Untuk perlindungan, pihak Microsoft nampaknya sudah memperhitungkannya secara matang, sehingga mereka menggunakan Corning Gorilla Glass 3 untuk menjaga layarnya tetap utuh dan tidak mudah retak.

Mengintip Penggerak Utama dan Sisi Multimedia dari Lumia 535

Ketika kita berbicara tentang spesifikasi Lumia 535, kita tidak akan pernah bisa lepas dari pembahasan mengenai CPU, GPU, dan RAM yang digunakan oleh ponsel yang dibawahi oleh Microsoft ini. Sistem operasinya hampir sama seperti Lumia lainnya, yaitu Windows Phone milik Microsoft yang ada pada versi 8.1. Yang bekerja untuk mengantarkan sistem operasi tadi kepada pengguna adalah Qualcomm Snapdragon seri 200 Cortex-A7 yang seperti kebanyakan ponsel pintar di akhir 2014, sudah menggunakan 4 inti dimana masing-masing dari inti tersebut memiliki kecepatan 1,2 GHz. Untuk pengolah citra sendiri, Microsoft menyerahkannya kepada Adreno 302. Dipastikan, pengguna yang membeli akan takjub melihat seimbangnya harga dan spesifikasi Lumia 535 ketika mereka melakukan pembayaran di kasir.

Dari sisi multimedia, Lumia 535 juga menyajikan fasilitas yang cukup lumayan. Ia mampu memainkan audio dengan format MP3, eAAC+ dan tentu saja format file audio Windows sendiri, yaitu WAV dan WMA. Sementara untuk video, Lumia 535 memiliki encoder MP4 dan H.264. Kamera utama dan sekunder ponsel ini memiliki ketajaman yang sama yaitu 5 megapiksel dimana mereka dapat mencaplok momen ke dalam file gambar berukuran 2592 x 1936. Untuk penyimpanan, memori internal ada sebesar 8 GB dan masih bisa ditambahkan dengan media penyimpanan luaran microSD dengan ukuran maksimum 128 GB.

Harga yang Fantastis dari Lumia 535

Dengan spesifikasi yang dituliskan tadi, tidak akan ada yang menyangkan bahwa harga Lumia 535 ada pada kisaran angka 1,7 juta. Belum lagi menginat Lumia memiliki waktu bicara hingga 13 jam dan  mampu memutar musik tanpa henti selama 78 jam. Entah apa yang ada di benak Microsoft ketika mengumumkan harga dan spesifikasi Lumia 535, tapi yang pasti itu menguntungkan para calon pengguna mereka.