Cara Video Call di HP Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan terus berkembangnya teknologi ponsel pintar, makin banyak juga cara video call di HP Android. Sayangnya, untuk melakukan pemanggilan lewat video ini dibutuhkan fitur kamera sekunder yang ada di bagian depan dari ponsel dan merupakan panggilan berjenis data sehingga membutuhkan beberapa aplikasi tambahan yang berasal dari pihak ketiga. Pada kesempatan kali ini, kami akan melakukan beberapa pembahasan tentang aplikasi-aplikasi yang mampu memfasilitasi seseorang untuk melakukan panggilan video melalui ponsel Android yang mereka punya.

Aplikasi Sebagai Fasilitator Cara Video Call di HP Android

Google Talk

Video Call di HP Android menggunakan google talk

Aplikasi yang dinilai paling membantu sebagai cara menggunakan video call di HP Android adalah Google Hangouts yang sebelumnya diberi nama Google Talk. Aplikasi ini bisa berjalan di ponsel berbasis Android, iOS, hingga piranti-piranti yang menggunakan sistem operasi Windows, termasuk desktop. Yang membuat Hangouts menjadi lebih baik daripada aplikasi-aplikasi lainnya adalah fitur-fitur yang disediakan, antara lain:

  • Sinkronisasi antar piranti, sehingga jika anda berganti ponsel nanti, sejarah percakapan serta hal-hal yang dibagikan semacam foto, tautan, dan berkas-berkas lain akan tetap ada.
  • Panggilan video berkelompok hingga 10 orang.
  • Jika menggunakan Android, maka bisa menggunakan Google Voice untuk menelpon langsung ke nomor telpon seseorang.

Ketika seseorang menggunakan Hangouts sebagai fasilitator cara video call di HP Android, ia harus memiliki akun Google+ yang kemudian akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi Google lainnya. Dengan begitu, para pengguna yang sebelumnya sudah memiliki akun Google Play tak perlu lagi melakukan registrasi untuk segera bisa melakukan panggilan video.

LINE

Video Call di HP Android menggunakan line

Aplikasi lainnya yang menjadi pilihan anak-anak muda jaman sekarang untuk melakukan panggilan video adalah LINE. Ketika seseorang menggunakan LINE sebagai cara melakukan video call di HP Android, mereka harus sebelumnya memiliki akun LINE terlebih dahulu. Biasanya akun ini akan dikunci pada satu device smartphone, tapi tetap bisa melakukan login melalui komputer.

Untuk melakukan panggilan video menggunakan LINE cukup mudah, karena setelah user melakukan pendaftaran maka mereka hanya perlu memasukkan nama pengguna lawan bicaranya dan akan ada opsi untuk melakukan panggilan video. Ketika seseorang memilih LINE, mereka juga mendapatkan fasilitas dimana LINE akan mengakses kamera belakang dan menampilkannya di lawan bicaranya, menukar fokus pandangan dari kamera depan. Selain menggunakan ponsel pintar, pengguna LINE juga mampu melakukan login ke komputer dan melakukan panggilan dengan fasilitas webcam yang tersedia. Jika komputer tidak memiliki kamera, maka hanya suara yang akan muncul.

Skype

Video Call di HP Android menggunakan skype

Pada masa-masa jayanya, tidak ada yang tidak mengetahui Skype, bahkan mungkin hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakannya. Awalnya, Skype merupakan sebuah aplikasi desktop yang cukup digandrungi anak-anak muda hingga masa dimana ponsel pintar mengambil alih. Untuk kembali menguasai pasar, Skype juga membuat aplikasi ponsel sebagai alternatif  lain dari banyaknya aplikasi pihak ketiga yang berguna sebagai fasilitator cara mengaktifkan video call di HP Android.

Karena awalnya adalah aplikasi untuk desktop, disarankan bahwa pengguna aplikasi Skype untuk mobile paling tidak juga pernah menggunakan Skype lewat komputer. Interaksi antar muka yang disajikan oleh versi ponsel ini tidak jauh berbeda sehingga pengguna lama tidak akan mengalami kesulitan menggunakan aplikasinya.

Semakin hari, semakin banyak juga aplikasi yang muncul di Google Play, dan tidak jarang banyak aplikasi tadi yang mampu menjadi alternatif cara video call di HP Android.