Android L dan Nexus 9 “2 anak emas baru google”

Masyarakat terutama para pecinta Android nampaknya sudah tidak sabar lagi untuk segera memasang OS Android L di smartphone mereka. Tapi anehnya tidak ada pagelaran besar besaran yang dilakukan oleh Google untuk menyambut produk barunya tersebut.

Entah apakah karena ingin tampil beda atau memang ingin membuat sensasi, Google hanya mengumumkan peluncuran Android L dengan cara promosi yang benar-benar ‘murah dan sangat sederhana’. Memang sangat sederhana sekali yaitu hanya dengan memposting dan megupload beberapa video tentang Android L dan Nexus 9 di blog dan Youtube. Berbeda dengan Apple dan Samsung yang meluncurkan produk mereka dengan pesta besar-besaran layaknya menyambut kelahiran seorang pangeran saja.

Gambar HTC Nexus 9 dan spesifikasinya

Namun meskipun dengan peluncuran Android L yang sederhana, public tetap menyambut Android L dengan sangat antusias. Hal ini  karena memang Androdi L sudah ditunggu-tunggu oleh publik sehingga Google bisa dengan mudah untuk mempromosikan Androdi L bahkan hanya dengan teknik promosi yang ‘sederhana’.

Mengenai Android L sendiri google mengklaim bahwa Android L bekerja lebih cepat dari Androdi  KitKat. Selain itu juga terdapat fitur battery saver (penyimpan baterai) yang membuat baterai smartphone anda lebih tahan lama. Seperti yang kita ketahui salah satu kekurangan dari smartphone dengan OS Android adalah baterai yang cepat habis. Tampilan nya pun juga akan dibuat lebih dinamis dari OS Androdi Versi Sebelumnya yaitu KitKat.Perubahan lain juga akan terjadi pada Navigasi dan tampilan gmail pada Androdi Apps.

Sedangkan untuk nama Android L juga masih merupakan misteri mengingat bahwa nama makanan lah yang peling sering dipakai maka banyak yang menebak bahwa nama yang kemungkinan dipakai oleh Google adalah LoliPop, Licorice, Lemonade atau L Android.

Selain Android L, tablet Nexus 9 yang merupakan tablet hasil kolaborasi antara HTC dan Google juga menjadi primadona dalam launching produk Google kali ini. Tablet Canggih yang memiliki layar 8.9 inci dan resolusi mencapai 2048×1440 ini diprediksikan dapat menyaingi atau bahkan dapat mengalahkan iPad.Karena memang tablet iPad sampai saat ini masih mendominasi penjualan tablet yaitu sebesar 27 % dari seluruh penualan tablet tahun 2014.

Tapi bukan hal yang tidak mungkin bahwa tahta dominasi tablet akan direbut dari tangan iPad oleh Nexus 9, karena tablet ini sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas canggih yang tentunya akan memanjakan penggunanya. Prosesor Nvidia versi terbaru, chipset Tegra K1 64-bit sudah tertanam dengan apik di dalam ‘tubuh’ Nexus 9. HTC Nexus 9 juga dilengkapi dengan kamera 8 Megapixel sebagai kamera utamanya dan juga ada kamera ‘selfie’ dengan resolusi kamera 1.6 Megapixel yang akan memanjakan para ‘selfie holic’ serta diperkirakan tablet Nexus 9 sudah menggunakan speaker stereo di bagian layarnya.

Nexus 9 tidak hanya akan melawan iPad dengan fitur fitur dan spesifikasi yang canggih tapi juga dari segi harga. Harga Nexus 9 dibendrol dengan harga $ 400-450 atau setara dengan 4-5 juta rupiah jauh lebih murah dari pada iPad yang rata rata dijual di pasar dengan harga $ 500 keatas atau lebih dari 6 juta rupiah.